Siapakah Atlet Termahal di Dunia, Apakah Lionel Messi atau Christiano Ronaldo ?

Berita.press – Berbicara tentang pendapatan tertinggi atlet profesional, mayoritas bayangan orang tertuju pada sesosok superstar, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Dalam dunia olahraga saat ini memang kerja keras, konsistensi, dan prestasi menjadi hal yang sangat dihargai. Jika kamu menjadi yang terbaik di suatu bidang olahraga, maka kekayaan akan mengikuti.

Tak luput juga, Popularitas pasti akan menyelimuti para Atlet Profesional sehingga tawaran pun datang silih berganti, baik tawaran dalam karir mereka ataupun bahkan diluar itu.

Berikut ini adalah daftar atlet profesional dengan bayaran tertinggi di dunia selama 12 bulan terakhir, menurut laporan Forbes yang dikeluarkan Mei 2021.

Daftar resmi Forbes tentang atlet dengan bayaran tertinggi ini mencakup pendapatan di dalam maupun di luar lapangan.

Jadi, selain bayaran yang diperoleh lewat kontrak atau pertandingan, pendapatan ini juga dihitung berdasar sumber lain, seperti iklan dan penjualan produk.

1.Conor McGregor – 180 juta dollar AS
Conor McGregor berada di urutan teratas atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia, hebatnya ia hanya menjalani dua pertandingan dalam dua tahun terakhir (2020 dan 2021). Setelah mengalahkan Donald Cerrone, McGregor ditumbangkan Dustin Poirier pada UFC 257.

Menurut laporan Forbes pada 12 Mei 2021, McGregor mengantongi pendapatan 180 juta dollar atau sekitar Rp 2,56 triliun, kombinasi dari pertarungan, iklan yang dibintanginya, serta yang paling besar adalah penjualan whiskey miliknya, Proper No. Twelve.

Kemudian, merek whiskey yang dibangunnya tersebut dijual dengan harga 158 juta dollar AS, menjadikannya atlet ketiga setelah Roger Federer dan Tiger Woods yang menghasilkan lebih dari 70 juta dollar AS di luar lapangan.

2.Lionel Messi – 130 juta dollar AS
Lionel Messi masih tampil luar biasa di usia yang sudah tak muda lagi. La Pulga bahkan masih sanggup mencetak 37 gol dan 14 assist dari 46 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona.

Bintang Barcelona ini menjadi atlet dengan pendapatan tertinggi kedua sekitar 130 juta dollar AS atau senilai Rp 1,8 triliun. Dari jumlah ini, 97 juta dollar AS didapatkan dari lapangan dan 33 juta dollar AS dari sponsor dan pendapatan lain.

3.Cristiano Ronaldo – 120 juta dollar
Terkait Akun Medsos, Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan 500 juta pengikut di Facebook, Instagram, dan Twitter pada bulan Februari lalu.

CR7 sendiri menjadi pemain yang melampaui legenda Brasil Pelé, dalam jumlah gol, yakni mencetak 770 gol di semua kompetisi, termasuk hattrick dalam kemenangan Juventus atas Cagliari.

Ronaldo memperoleh pemasukan sekitar 120 juta dollar AS atau senilai Rp 1,7 triliun, dimana 70 juta dollar AS diperoleh lewat kontraknya, dan 50 juta dollar AS melalui iklan dengan Nike, serta dari penjualan busana, hotel, dan gym yang dimilikinya.

4.Dak Prescott – 107,5 juta dollar AS
Dak Presscott, adalah bintang American Football berumur 27 tahun yang bergabung di klub Dallas Cowboys.

Bayarannya pun mencapai 107,5 juta dollar atau senilai Rp 1,5 triliun. Sebanyak 97,5 juta dollar AS diantaranya didapatkan dari perpanjangan kontrak, dan 10 juta dollar AS dari iklan dan promo lain.

5.LeBron James – 96,5 juta dollar AS
King James tetap mendominasi lapangan basket. Pemain ini merupakan salah satu yang digaji sangat tinggi.

Namun pendapatannya tahun ini juga berasal dari kontrak dengan PepsiCo dan film Space Jam: A New Legacy yang dibintanginya.

Total, LeBron James mengumpulkan 96,5 juta dollar atau senilai Rp 1,37 triliun, dimana 65 juta dollar AS didapatkan di luar lapangan basket.

6.Neymar – 95 juta dollar AS
Dengan total 282 juta pengikut, Neymar Jr menjadi atlet paling populer ketiga di media sosial setelah Ronaldo dan Messi.

Neymar mengumpulkan sekitar 95 juta dollar atau senilai Rp 1,35 triliun, dengan sekitar 19 juta dollar diperolehnya dari kerjasama dengan Puma dan Jordan brand.

7.Roger Federer – 90 juta dollar AS
Roger Federer, petenis asal Swiss yang juga masuk deretan sebagai atlet dengan bayaran tertinggi, yakni mencapai 90 juta dollar atau senilai Rp 1,28 triliun.

Jumlah itu hampir seluruhnya didapat di luar lapangan, menyusul cedera lutut yang membuatnya tidak bisa bertanding.

Federer mengumpulkan pundi-pundinya dari kerjasama dengan Rolex, Credit Suisse dan Uniqlo, serta kepemilikan di On, pembuat perlengkapan olahraga.

8.Lewis Hamilton – 82 juta dollar AS
Setelah melaju di kejuaraan Formula 1 keenamnya dalam tujuh musim pada tahun 2020, pembalap Mercedes Lewis Hamilton kembali mencatatkan diri sebagai salah satu atlet dengan pendapatan tertinggi.

Sebelas kemenangan balapannya musim lalu menghasilkan bonus yang besar, di luar kerjasamanya dengan Tommy Hilfiger, Monster Energy dan Puma. Dia juga meluncurkan tim di seri balap Extreme E.

Semuanya membuat Lewis Hamilton memperoleh 82 juta dollar atau senilai Rp 1,17 triliun. Sebanyak 70 juta dollar AS berasal dari balapan, dan 12 juta dollar dari sponsor.

9.Tom Brady – 76 juta dollar AS
Mengakhiri musim yang luar biasa dengan trofi Lombardi, pemain American Football berusia 43 tahun ini tampaknya tidak akan berhenti dalam waktu dekat.

Gelandang klub Tampa Bay Buccaneers ini jugamemiliki kerjasama dengan pembuat kacamata Christopher Cloos dan raksasa pakaian Fanatics, selain mengumpulkan uang sebagai pembicara di sirkuit virtual dan sebagai pitchman komersial.

Lewat usahanya, ia memiliki penghasilan sekitar 76 juta dollar atau senilai Rp 1,08 triliun, dengan 31 juta dollar AS diantaranya diperoleh di luar lapangan.

10.Kevin Durant – 75 juta dollar AS
Meskipun mengalami cedera yang membuatnya harus duduk di bangku cadangan untuk musim 2019-2020, bintang Brooklyn Nets Kevin Durant tidak membiarkan dirinya tanpa penghasilan.

Di luar kontraknya sebagai pemain basket, ia menghasilkan 44 juta dollar AS di luar lapangan, lewat perusahaan medianya Thirty-Five Ventures.

Total, pendapatannya mencapai 75 juta dollar atau senilai Rp 1,07 triliun.(Red/MCMNEWS.ID)