Resmi Pensiun Dari MotoGP, Valentino Rossi Akui Sangat Sulit Kompetitif di MotoGP 2021

Berita.press – Setelah banyak spekulasi dalam beberapa pekan terakhir ini, sekarang sudah jelas bahwa rider Italia, Valentino Rossi akan mengakhiri karir balap profesionalnya di Grand Prix pada akhir musim kompetisi 2021 ini.

Keputusan ini diumumkan secara langsung oleh The Doctor menjelang akhir pekan MotoGP Styria, Kamis, 5 Agustus dalam konferensi pers khusus.

Opsi Valentino Rossi bakal pensiun menguat pada awal musim ini. Pasalnya bersama Petronas Yamaha SRT, di luar dugaan ia sangat sulit bersaing pada baris depan.

Pada sesi konferensi pers, ia turut ditanya penyebab dirinya begitu sulit untuk sekadar finis sepuluh besar musim ini. Menurutnya kesulitan sudah ia rasakan beberapa balapan akhir musim 2020.

Namun ia menyebut tidak tahu alasan pasti kenapa dirinya kini sudah tidak lagi berstatus pembalap baris depan.

“Yang pasti, penyebabnya bukan hanya satu faktor tapi beberapa,” ujar Valentino Rossi.

Awal 2021 sangat berat bagi Rossi, hanya satu kali finis ke-10 di paruh pertama, berada di posisi ke-19 klasemen sementara dengan hanya 17 poin.

“MotoGP 2020, saya masih sangat kuat pada awal musim. Saya masih sempat podium (finis ketiga MotoGP Andalusia) dan setidaknya saya masih ada di sana (baris depan)” tambahnya.

“Setelah itu pada akhir musim, saya bermasalah untuk berada dengan pembalap yang berada di baris depan. Level MotoGP saat ini sangat tinggi. Banyak pembalap muda masuk dan bekerja sangat keras. Jadi memang tidak ada alasan khusus, tapi ada beberapa faktor,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Valentino Rossi membenarkan sebenarnya ia berminat untuk memperkuat tim miliknya di ajang MotoGP 2022, Aramco Ducati.

“Ya saya menyukai ide tersebut. Menjadi rekan setim adik saya sendiri, Luca Marini. Namun pada akhirnya saya memutuskan lebih baik seperti ini (pensiun),” tegas Valentino Rossi.

Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap paling sukses sepanjang sejarah Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Rossi memulai karirnya pada tahun 1996 di Grand Prix. Pada tahun 1997 Rossi menjadi juara dunia unggulan di kelas 125cc.

Pada tahun 1998 dan 1999 ia membalap di kelas 250cc dan mengamankan gelar juara dunia di musim keduanya.

Rossi telah berlaga di kelas utama sejak tahun 2000. Pada tahun 2001 ia memenangkan gelar juara dunia terakhir dengan mesin dua tak 500cc.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan 2009 ia menjadi juara dunia MotoGP. Rossi bukan hanya salah satu pembalap paling populer, tapi juga salah satu yang paling sukses.

Di semua kelas, Rossi telah memenangkan 115 dari 423 Grand Prix-nya hingga saat ini. (MCMNEWS.ID | RED)