Bupati H. Sukiman Tinjau Ruang Tempat Isolasi, Gedung DW Rohul Dijadikan Isoter Pasien Covid 19

Berita.press, ROHUL – Menindaklanjuti Instruksi Gubernur Riau agar Pemerintah Daerah meningkatkan ketersediaan kapasitas tempat tidur untuk Isolasi pasien terpapar Covid-19, Bupati Rohul H Sukiman bersama Forkopimda langsung meninjau beberapa Gedung dan Kantor sebagai tempat Isolasi terpusat.

Terpantau, Bupati Sukiman didampingi Wabup Rohul H. Indra Gunawan dan Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito meninjau Gedung PMI dan Gedung Dharma Wanita (DW) Rohul disiapkan untuk ruang Isolasi Terpusat (Isoter) penanganan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 bergejala ringan maupun sedang.

Hal ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab Rohul usai Rapat koordinasi (rakor) bersama Gubri menjalankan instruksi Mendagri nomor 31 tahun 2021 dengan ditindaklanjuti terbitnya Instruksi Bupati Rohul

Dengan Nomor 360/BPBD/5/2021 tentang PPKM level 4 serta mengoptimalkan Posko penanganan Covid- 19 di tingkat Kecamatan, desa/ kelurahan sehingga tingkat RW, RT yang berpotensi menularkan Covid- 19 di Rohul.
Pemkab Rohul mengambil langkah kongkrit ini guna menekan angka terpapar positif Covid-19, dengan kematian dan tingginya angka kesembuhan pasien terkonfirmasi setelah diterapkannya PPKM level 4 di Rohul.

Penerapan PPKM level 4 di Rohul akan diberlakukannya hingga 23 Agustus 2021 mendatang. Dimana salah satu kebijakan strategis yang diwujudkan dalam pekan ini, menyiapkan ruang Isolasi terpusat (Isoter) di Ibukota Rohul, Pasir Pangaraian.

Bupati, Wabup dan Kapolres Rohul meninjau setiap ruangan kantor dan berkeliling ke Gedung yang dinilai bangunan dan adanya ruang terbuka cocok untuk penanganan pasien terpapar Covid-19 khususnya bergejala ringan dan sedang.

Bupati Sukiman menegaskan, Pemerintah Daerah Rohul sudah memutuskan Gedung DW Rohul untuk ruang Isoter penanganan pasien positif Covid-19 bergejala ringan dan sedang.

Hal itu, salah satu upaya dalam menekan penyebaran penularan Covid- 19 terutama kluster keluarga bagi yang Isolasi mandiri (isoman) di rumah. ‘

“Gedung DW yang kita jadikan ruang Isoter penanganan pasien positif Covid- 19 bergejala ringan dan sedang, nantinya dapat menampung 40 orang. Kita siapkan semua fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan sesuai SOP,” kata Bupati Sukiman

Sementara untuk tenaga kesehatan, Lanjut Mantan Dandim Inhil ini, akan ditempatkan agar bisa mengawasi dan menangani pasien selama 24 jam. Pemkab menargetkan dalam pekan ini sudah bisa difungsikan.
Di tempat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito mengaku, dirinya mendukung penuh langkah konkrit yang diambil Pemkab Rohul.

“Dengan menyiapkan ruang Isoter di Kota Pasir Pengaraian sebagai upaya nyata yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, salah satunya menyiapkan Isoter pasien positif Covid- 19 bergejala ringan dan sedang dengan menyiapkan 40 tempat tidur,” kata Kapolres.

Kapolres menyatakan, dalam pekan ini akan memastikan, pasien terpapar Covid- 19 yang sedang Isoman di rumah akan dijemput sehingga bisa ditempatkan di ruang isoter yang sudah disiapkan.

“Dengan harapan, pasien terkonfirmasi positif bisa lebih intens perawatan serta pengobatan, termasuk nakes yang mengontrol. Sehingga nantinya angka kesembuhan makin tinggi serta angka kematian menurun,” harapnya. (RED | RED)