Evaluasi PPKM dan Penanganan Covid 19 Luar Jawa Bali, Bupati ROHUL : Level Assesmen PKKM Turun

Berita, Rokan Hulu – Pasca ditetapkan masuk dalam PPKM level 4 sejak 9 Agustus 2021, Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman mengambil sejumlah terobosan dan kebijakan upaya menurun penularan Covid-19, salahsatunya mengeluarkan Instruksi Bupati Rokan Hulu Nomor : 360 / BPBD / 5 / 2021,

Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan Sampai Dengan Tingkat Rukun Warga Serta Rukun Tetangga Yang Berpotensi Menularkan Covid-19.

Dari beberapa kebijakan itu membuahkan hasil, sejak dilakukan PPKM Level 4 di Rohul. Dari perkembangan level asessmen Kabupaten/Kota diluar Jawa Bali pada level 4 ada penurunan 105 kabupaten/kota dari sebelumnya ditetapkan 132, termasuk Kabupaten Rokan Hulu.

Hal itu dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Luar Jawa Bali secara Virtual, Sabtu (21/8/2021).

Tingkat Pemkab Rohul turut juga dihadiri Bupati Rohul Sukiman, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto, Forkompinda, Jubir Satgas Covid-19 Yusmar dan Tim Satgas Covid-19 Rohul, di Ruang Rapat Rumdis Bupati.

Menko Airlangga Hartarto juga menjelaskan bahwa Rakor tersebut untuk mengevaluasi terkait pelaksanaan PPKM di luar Jawa-Bali. Ia menuturkan bahwa saat ini kasus aktif nasional sebanyak 327.286 kasus,

Distribusi Jawa Bali sebanyak 47 persen dan di luar Jawa Bali sebanyak 53 persen. Selama PPKM 9-20 Agustus 2021, kasus aktif di luar Jawa Bali mengalami penurunan. Yang mana penurunan tertinggi berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni sebesar -36.96 persen.

Ia menjelaskan, adapun perkembangan level asesmen kabupaten dan kota di luar Jawa Bali, pada level IV ada penurunan 105 kabupaten/kota dari sebelumnya 132, di level III ada kenaikan 232 kabupaten/kota dari sebelumnya 215, level II 48 kabupaten/kota dari sebelumnya 39 dan level terdapat 1 Kabupaten/Kota.

Diungkapkannya, bahwa 11 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali, terjadi penurunan level asesmen (PPKM) dari periode 9-23 Agustus berdasarkan data asesmen 19 Agustus 2021.

“Seperti di Barito Kuala, Bengkulu Utara, Ende, Lampung Barat, Lampung Selatan, Rokan Hulu, Siak, Sikka, Tulang Bawang Barat, Kota Dumai dan Merangin,” sebutnya.

Menko Airlangga Hartarto menuturkan, untuk perpanjangan atau perubahan evaluasi penerapan PPKM kabupaten dan kota di luar Jawa Bali hingga saat ini masih menunggu arahan dari Presiden RI Joko Widodo. Dimana pengumuman nantinya akan disampaikan pada Senin (23/8/2021) mendatang.

Usai mengikuti Rakor Evaluasi PPKM di luar Jawa Bali bersama Menko Perekonomian, Bupati Rohul Sukiman mengaku bersyukur mendengar kabar baik dari Menko Perekonomian, yang menyampaikan level assesmen PPKM dari 105 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Rokan Hulu sudah mulai menurun.

“Ini berkat terobosan dan kerja keras kita semua sehingga level assesmen PKKM ini menurun, kita harapkan terus menurun sampai diumumkan pak Presiden pada Senin 23 Agustus 2021 ini dan kita juga berdoa supaya Rohul kembali ke Zona Hijau,” harap Sukiman.

Untuk itu, mantan Dandim Inhil ini mengajak kepada Tim Satgas dan seluruh masyarakat Rohul untuk bekerja keras bersama-sama mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di Negeri Seribu Suluk terutama dengan mentaati Prokes.

“Terkait kebutuhan obat-obatan, saya sudah perintahkan Kepala Dinas Kesehatan Rohul untuk segera mendistribusikan ke Puskesmas-Puskesmas. Khusus ruang Isoter mari kita jaga bersama, karena beberapa waktu lalu pak Gubernur puas melihat Isoter kita yang lengkap, bersih dan didukung dengan peralatan olahraga dan dokter,” ujar Sukiman. (RED | RED)