Dukung PAUD HI, Bupati dan Bunda PAUD Rohul Bagikan Buku KIA sebagai Pedoman Cegah Stunting

BERITA, ROKAN HULU – Upaya mendukung pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Bupati Rohul Sukiman dan Bunda PAUD Rohul Peni Herawati Sukiman menyerahkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sebagai salah satu penunjang PAUD HI.

Bupati dan Bunda PAUD menyerahkan buku KIA dan makanan tambahan bergizi untuk anak-anak di PAUD Terpadu Madani, TK Negeri Pembina, Posyandu Usila Rateh I dan TK Mekar Jaya Desa Rambah Tengah Hilir, Rabu (25/8/2021).

Turut juga mendampingi Ketua GOW Rohul Sri Yulita Indra Gunawan, Kadisdikpora Rohul Ibnu Ulya, Kadis Kominfo Rohul Yusmar, Kadiskes Rohul dr Bambang dan Kadisdukcapil Rohul Syaiful Bahri.

Bunda PAUD Rohul Hj Peni Herawati Sukiman mengatakan tujuan mengunjungi PAUD dan TK sebagai bentuk dukungan untuk mendukung pengembangan PAUD HI di Negeri Seribu Suluk.

“Salah satu program PAUD HI ini bagaimana meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, sehat dan cerdas. Program HI juga untuk mencegah anak-anak kita dari stunting,” kata Peni

Salah satu upaya agar anak terhindar dari stunting, lanjut Bunda PAUD, melalui pemberian Buku KIA ini menjadi menjadi satu-satunya alat pencatatan pelayanan kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan imunisasi, gizi, tumbuh kembang anak dan KB sesuai SK Menkes Nomor 284/Menkes/SK/III/2004).

“Melalui buku KIA ini kita bisa memonitor bagaimana perkembangan anak kita mulai dari janin sampai 1000 hari pertama kehidupan sampai umur 5 tahun,” ujarnya

“Dengan harapan anak-anak kita menjadi anak yang ceria dan anak yang sehat serta penyerahan Akte Kelahiran juga harus menjadi perhatian kepada anak-anak kita. Karena anak ini adalah aset bangsa dan negara,” kata Peni.

Tambah Peni, Program PAUD HI sudah berjalan sejak tahun 2019, agar program PAUD HI ini terarah, perlunya dilakukan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait agar program ini semakin terarah.

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengaku Pemkab Rohul mendukung Program PAUD HI dengan melibatkan instansi terkait secara terintegratif.

Lanjut Sukiman, Melalui pemberian Buku KIA ini sebagai informasi penting mengenai kesehatan ibu dan anak. Manfaat Buku KIA tidak saja pada sektor kesehatan, tetapi sudah diintegrasikan dengan sektor lain.

“Buku KIA ini sebagai Tuntunan dan pedoman untuk kesehatan ibu dan anak, bagaimana mendidik mulai dalam kandungan sampai anak berumur 6 tahun. Ibu sebagai mesinnya untuk mencipta anak yang Sholeh dan Sholeha ada ditangan para Bunda,” ujarnya

“Buku KIA ini juga sebagai surat keterangan lahir untuk mempermudah mendapatkan akte, buku pegangan sebagai media pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak anak di PAUD, Bina Keluarga Balita dan lain-lain,” kata Sukiman

Untuk dapat mencapai pemanfaatan buku KIA yang optimal, Mantan Dandim Inhil ini meminta Instansi terkait atau Dinas Kesehatan harus merangkul seluruh komponen masyarakat diantaranya Tim Penggerak PKK yang aktif berperan dalam pelaksanaan program kesehatan di lapangan.

Dihadapan para Bunda dan Anak PAUD, Bupati Sukiman juga perlunya peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan 4 pilar negara. (RED | RED)