Wabup Rohul: Dengan Memiliki Sertifikasi IKM Bisa Memajukan Usaha Hingga Nasional dan Go Internasional

BERITA, ROKAN HULU – Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan buka secara resmi Sosialisasi dan Verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tahun 2021 di Aula Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Rokan Hulu, Jum”at (3/9)2021).

Kegiatan ini diikuti perwakilan para pelaku Usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dari 16 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, dimana hadir Sebagai Narasumber dari PT Surveyor Indonesia, Hendri Triadi, dan dalam kegiatan ini juga dihadiri Asisten II M.Ruslan, Kadis Perindag Hen Irfan, Kadis UKM Kopnakerstran Zul Hendri, Sekretaris Disdikpora Zulkifli.

Selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rokan Hulu, Hen Irfan menyampaikan sosialisasi awal TKDN ini memang lingkupnya hanya bagi IKM, dimana dalam regulasi nya nanti untuk mendapatkan bantuan IKM ini harus selain memiliki izin juga harus memiliki sertifikasi TKDN jika suatu saat dibutuhkan para IKM sudah memiliki nya.

Akui Hen Irfan bahwa Jumlah IKM yang ada saat ini di Kabupaten Rokan Hulu ada sekitar 1028, akan tetapi yang berada dibawah binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan baru ada 995 IKM, dimana dalam sosialisasi tahap awal ini baru di ikuti IKM, Kemudian nanti Menengah dan terakhir Industri Besar.

Hen Irfan memaparkan bahwa saat ini yang menjadi tugas besar adalah masih banyaknya pelaku usaha yang belum memiliki izin.

“Izin inilah yang menjadi pemikiran kita nanti bagaimana kita menyelesaikan perizinan mereka dahulu, sebab di IKM ini ada Izin pengolahan rumah tangga, sertifikasi halalnya, serta hak patennya dan izin usahanya, karena seperti yang disampaikan Nara sumber bahwa segala sesuatunya perizinan itu lah yang pertama harus diselesaikan” ucap Hen Irfan.

Sementara itu Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan sebelum membuka secara resmi Sosialisasi ini menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana kegiatan sosialisasi dan verifikasi TKDN bagi IKM. Semoga dengan adanya sosialisasi dan verifikasi ini pemanfaatan konten lokal dalam IKM di Rokan Hulu akan semakin kuat dan mampu bersaing secara global.

“Semoga dengan mengikuti sertifikasi UKM dari TKDN ini bisa menunjang dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha sehingga hasil produksi bisa meningkat dan bisa menunjang ke pasar Nasional bahkan Go Internasional, untuk diketahui bahwa saya sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati juga pernah mengikuti Sertifikasi ini bahkan hingga 4 kali” ujar Wakil Bupati.

Wabup juga menyampaikan dimana ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini para pelaku usaha hendaknya mampu bertahan dan konsisten dalam menghasilkan produk produk lokal berkualitas dan kompetitif sehingga usaha yang dijalankan mampu berkembang dan berkelanjutan.

Dirinya berharap semoga dengan mengikuti sosialisasi ini menjadi salah satu langkah bersama untuk memperkuat IKM di Rokan Hulu, dan dengan telah mendapatkan sertifikasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan fasilitas dari Kementerian Perindustrian RI. Serta bisa menjadi tempat untuk saling berbagi bagi pelaku IKM dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam dunia industri, dan bisa membenahi manajemen ke arah yang lebih baik lagi, sehingga IKM bisa memajukan usahanya sampai ke tingkat Nasional bahkan Go Internasional.

Usai dengan sambutannya, Wakil Bupati H.Indra Gunawan menutup dengan membuka secara resmi Sosialisasi Dan Verifikasi TKDN dengan dilanjutkan pemberian materi oleh Narasumber dari PT. Surveyor Indonesia (SI). (RED | RED)