Jelang Penilaian Hatinya PKK , Wabup: Halaman Rumah Warga Tertata Rapi Bukan Disulap Tapi Sudah Terprogram

ROKAN HULU, BERITA.press – Dua hari menjelang penilaian lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK yang diikuti Pemkab Rohul dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Provinsi Riau.

Untuk melihat sejauh mana progres persiapan jelang penilaian lomba Hatinya PKK, Wakil Bupati (Wabup) Rohul Indra Gunawan meninjau Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rohul sebagai lokus penilaian Hatinya PKK, Selasa (21/9/2021).

Dari pantauan dilapangan, pertama Wabup Indra Gunawan meninjau perekaman Administrasi Kependudukan dan menyerahkan langsung Kartu Kelurag, KTP, Akte Kelahiran dan Kartu KIA kepada warga, program jemput bola Disdukcapil Rohul.

Kemudian Wabup didampingi Kepala OPD menyisir Rumah warga binaan Hatinya PKK sebagai lokus penilaian. Disetiap rumah warga dilakukan penataan halaman yang asri dan dilengkapi dengan tanaman sayuran, apotik hidup dan budidaya perikanan

Disela peninjauan, Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan mengucapkan apresiasi kepada warga Kumain yang antusias menanam sayuran dipekarangan. Bukan saja karena perlombaan, tapi sudah menjadi agenda dan program tahunan.

“Alhamdulillah pertama kita mengucapkan apresiasi kepada masyarakat desa Kumain ini antusias menanam sayuran, apotik hidup, tanaman yang ada dipekarangan rumahnya dan ini bukan disulap tapi ini sudah diprogramkan oleh Pemdes dan masyarakat,” kata Wabup

Diakui Wabup penataan halaman dan tanaman sayuran dipekarangan rumah warga ini sudah diprogramkan dan agenda tahunan Desa dalam lomba Dasa Wisma setiap bulan Agustus.

“Ini setiap tahun sudah menjadi agenda rutin tahunan oleh pak Kadesnya lomba Dasa Wisma setiap bulan Agustus,” katanya

Dari peninjauan itu, diakui Wabup persiapan lomba Hatinya PKK sudah mencapai 90 persen. Ia juga sudah meninjau lebih dari 15 rumah. Setiap rumah warga sudah tertata dan halaman rumahnya bersih serta ditanami apotik hidup, sayuran, budidaya perikanannya sudah bagus.

“Kita optimis dapat hasil yang terbaik, karena ini bukan disulap tapi ini kesadaran masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam. Kata warga desa Kumain ini dikelilingi sawit jadi susah air, jadi kedepannya kita akan menyiapkan air dipekarangan rumah dan tanaman buah-buahan oleh OPD terkait,” harapnya. (RED | RED)