MTsN 1 Kota Tangsel Juara II Asean Robotic Day 2021

TANGERANG SELATAN, BERITA.press – Tim Robotik MTsN 1 Kota Tangerang Selatan berhasil meraih Silver Medal (Juara II) dalam Asean Robotic day (ARD) yang diselenggarakan oleh SMAN 28 Jakarta pada tanggal 21-22 September 2021.

Asean Robotic day (ARD) adalah Kompetisi Robot tingkat Asia Tenggara yang diadakan tiap dua tahun sekali. Kompetisi ini diikuti oleh peserta perwakilan provinsi di Indonesia dan beberapa Negara di Asia Tenggara.

Kompetisi tersebut dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta secara Virtual.

Ada beberapa kategori yang dilombakan, yaitu Creative, Robot In Movie, Theater Robot, STRC (Simple Task Robot Creation). Karena masih masa Pandemi, semua kegiatan diselenggarakan secara online menggunakan fasilitas Zoom Meeting.

MTsN 1 Kota Tangerang Selatan dalam hal ini diwakili oleh Imran kelas 8, mengikuti kategori STRC (Simple Task Robot Creation), dimana kategori ini adalah merakit robot sederhana.

Dengan dipantau tiga kamera secara zoom, peserta diharuskan merakit robot dari nol dengan bahan yang telah ditentukan oleh panitia. Perakitan ini diberi waktu 180 menit tidak boleh dibantu oleh siapapun.

Setelah selesai, para peserta harus mendemokan Robot hasil karyanya ditrack yang telah disediakan untuk melaksanakan tugas tertentu atau tantangan tertentu, juga diadakan tanya jawab oleh Juri, dilansir dari akun Facebook kemenag Tangsel.

Kepala MTsN 1 Kota Tangerang Selatan, Ulik Widiantoro, mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih oleh Tim Robotik MTsN 1 Kota Tangerang Selatan pada kompetisi Asean Robotic Day 2021 dan berharap bisa ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, yang memberi apresiasi dan merasa bangga siswa madrasah dapat berkompetisi dengan siswa lain.

“Ini membuktikan bahwa siswa madrasah dapat bersaing dengan siswa lain. Madrasah hebat dan bermartabat,” pungkasnya. (RED | RED)