PPKM Jawa Bali diperpanjang 2 Pekan, Jabodetabek Masih Level 3

TANGERANG SELATAN, Berita Raya – Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai pada 18 Oktober 2021.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvers) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa level PPKM di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi belum turun dan masih berada di PPKM Level 3.

Hal itu karena Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, hingga Kabupaten Bogor belum mencapai target vaksinasi Covid-19 guna menurunkan level PPKM.

“Aglomerasi Jabodetabek belum turun karena Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Bekasi masih kekurangan vaksinasi,” kata Luhut, Senin (4/10/2021).

Luhut mengatakan, pemerintah akan membentuk task force terkait hal tersebut. Rencananya, pemerintah akan menyuntikkan vaksin sebanyak 2 juta dosis untuk daerah-daerah aglomerasi.

Pasalnya, berdasarkan catatan pemerintah masih ada wilayah aglomerasi yang cakupan vaksinasinya belum mencapai target. Selain wilayah Jabodetabek, ada juga wilayah Bandung Raya dan Surabaya Raya.

Terlepas dari hal itu, ada wilayah aglomerasi yang turun level yaitu Solo Raya. “Juga terdapat tiga kabupaten kota turun ke level 2 yaitu Cirebon, Banjar dan Madiun,” katanya

Sebagai informasi, syarat vaksinasi menjadi salah satu syarat minimum agar suatu daerah bisa menurunkan level PPKM. JIka daerah tersebut tak mampu memenuhi target capaian vaksinasi, maka tidak akan turun level. (BJS | RED)