Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2021 di SMP Falatehan

TANGERANG SELATAN, Berita Raya – Pada awal bulan Oktober 2021 ini sejumlah SMP di Kota Tangerang Selatan mulai melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang menjadi pengganti Ujian Nasional (UN) serta digunakan sebagai pemetaan mutu pendidikan di masing-masing sekolah digelar 4 – 7 Oktober 2021.

Pelajar kelas VIII SMP Falatehan mengikuti pelaksanaan ANBK mulai dari Senin (4/9/21) kemarin.

Photo : Istimewa

“Pelaksanaan ANBK di SMP Falatehan sudah di mulai dari senin (4/9/21) kemarin. Siswa yang mengikuti ANBK sebanyak 45 siswa dengan 5 Siswa cadangan dan dibagi dalam 3  sesi” Ujar Eko Pranoto, Kepala Sekolah SMP Falatehan dalam keterangan kepada Berita Raya, Selasa (5/9/21).

Eko mengatakan bahwa ANBK ini sesuai Permendikbudristek no 17/2021 tentang Asesmen Nasional yang merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Alhamdulillah, siswa SMP Falatehan sebagai peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) telah mengikuti kegiatan ujian.  Selama kegiatan Dalam pelaksanaannya bagi yg online murni cukup menghadapi kendala di awal pelaksanaan hari pertama Karena masalah jaringan dan server pusat .Bagi semi online cukup lancar. Para siswa, dan pengawas silang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” ungkapnya.

Photo : Istimewa

Eko menambahkan bahwa ANBK yang dilaksanakan terbagi dalam 3 sesi. Masing-masing sesi di isi 15 Siswa per server. Untuk materi ujian di hari Pertama ujian literasi dan hari Kedua nemurasi. Selesai di setiap sesi itu ada survai lingkungan dan karakter.

“Saya berharap pelaksanaan ANBK patutlah didukung oleh semua pihak. Semua guru diminta untuk mengisi kuisioner Survei Lingkungan Belajar. Semua kebijakan pemerintah ini tentunya akan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Tangsel” tutupnya (RED | RED)