Ini Kata Menkes Terkait Heboh Kabar Ashanty Positif Covid-19 Varian Omicron Sepulang dari Turki

Heboh Kabar Ashanty Positif Covid-19 Varian Omicron Sepulang dari Turki, Ini Kata Kemenkes

JAKARTA, BERITARAYA.ID – Kabar mengejutkan datang dari penyanyi sekaligus istri Anang Hermansyah, Ashanty, positif COVID-19 sepulangnya dari Turki untuk berlibur.

Dikabarkan bahwa Ashanty positif terinfeksi COVID-19 varian Omicron. Perihal satu ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, masih dalam tahap pemeriksaan.

“Belum Omicron ya, masih diperiksa,” kata Nadia saat dihubungi pada Jumat siang, 7 Januari 2022.

Siti Nadia mengungkapkan pihaknya masih belum bisa mengungkapkan terkait varian yang diderita istri Anang Hermansyah itu. Pihaknya masih menunggu dua pemeriksaan untuk memastikan hal tersebut.

“Semua kasus positif, PPLN kita lakukan pemeriksaan S Gene Target Failure (SGTF) dan Whole Genome Sequencing (WGS) utuk memastikan variannya,” tambah Siti Nadia.

Dalam penjelasannya, Siti menambahkan saat ini pasien sedang dalam proses pemeriksaan kedua.

Pada kesempatan tersebut Nadia menyampaikan ada penambahan tujuh orang dari rombongan Ashanty yang dinyatakan terinfeksi Virus Corona.

“Total 8,” kata Nadia.

Kabar kurang baik datang dari keluarga The Hermansyah. Hasil tes swab PCR terbaru menunjukkan Ashanty, Aurel, Azriel, dan Arsy Hermansyah positif Covid-19.

Beberapa saat yang lalu, Ashanty melalui unggahan di Instagram Stories menceritakan kronologis dirinya yang dinyatakan positif COVID-19 setibanya di Indonesia.

“Saya 2 kali PCR di Istanbul ketika mau pulang, di hotel maupun di bandara negatif. Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara ternyata positif,” tulis Ashanty melalui akun Instagram pribadinya @ashanty_ash, Jumat (7/1/2022).

“Langsung saya ke RS untuk karantina di RS yang sudah disetujui oleh tim satgas (satuan tugas) COVID. Dikarenakan saya punya penyakit autoimun dan demi keselamatan bersama saya isolasi di RS,” tambahnya dalam unggahan tersebut.

Ashanty memang diketahui memiliki penyakit autoimun sejak tahun 2019 lalu. Ia bahkan sempat melakukan pengobatan ke Dubai untuk memeriksakan kondisinya dan melakukan operasi.

Kondisinya saat ini terkait COVID-19 juga dibeberkan melalui media sosialnya siang ini. Ia mengungkapkan bahwa sejauh ini dirinya belum merasakan gejala yang berat.

“Alhamdulillah belum merasakan gejala berat, namun saya tetap menjalankan prosedur sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan, dan agar tidak menyebarkan pada orang lain,” kata Ashanty.

“Sehingga saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di RS,” tambah ibu empat anak tersebut.