Kolom  

Dari Mandalika, Cendera Mata Bangsa Indonesia

Oleh: Abi Rekso (Sekjen MPN Pusat Kedaulatan Rakyat / PAKAR)

Photo : Setkab
Photo : Setkab

“Di saat semua mata dunia terbelanga, di waktu semua bahasa saling bercerita. Mandalika telah membuktikan bahwa mereka bisa menjadi barometer dunia.” -ARP

Beritaraya.id – Siapa yang sangka, Mandalika setelah sekian lama menyembunyikan aura keindahan yang luar biasa. Siapa yang mengira, dahulu hamparan sabana kini menjadi destinasi wisata dunia. Mandalika berserta rakyat dan pemerintah daerah telah berhasil membusungkan dada, bahwa desanya sudah setara dengan kota kelas dunia.

Kita bukan hanya bangga karena Mandalika jadi buah bibir para penggila otomotif. Tiba-tiba kota ini menjadi dipadati tim peserta MotoGP, dari seluruh belahan dunia. Pabrikan otomotif papan atas, turut antre membariskan semua produk andalan. Di balik itu semua, ada keberpihakan terhadap Mandalika.

Mandalika tidak tiba-tiba. Kita semua mengerti bahwa penyelenggaraan MotoGP Mandalika sudah jauh hari dipersiapkan seluruh pemangku kebijakan. Mulai dari kalangan pengusaha hingga jajaran pemerintah pusat hingga daerah. Ini adalah bukti nyata, bahwa Presiden Jokowi masih dan tetap konsisten membangun kesejahteraan serta memastikan keadilan sosial di Indonesia Timur.

Setelah Labuan Bajo, Papua dan kini Mandalika, destinasi kelas dunia tidak lagi di Jawa dan Sumatera. Bukankah memang begitu semestinya membangun Indonesia. Keberpihakan pembangunan, disertai dengan penyelenggaraan perhelatan akbar kelas dunia untuk mengangkat derajat sebuah desa menjadi kota destinasi dunia.

Hingga acara dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, tidak ada satupun keraguan yang mempertanyakan konsistensi Presiden Jokowi prihal pemerataan pembangunan.

Presiden Jokowi tidak sendirian. Bersama segenap dukungan rakyat Mandalika dan didukung kinerja kabinet yang solid hingga proses penyelenggaraan. Sekaligus membuktikan harmonis dan sinergis kinerja kabinet Presiden Jokowi.

BUMN Pilar Mandalika

Meski bukan satu-satunya, tapi kita semua melihat bahwa ada kerja sukses luar biasa dari segenap elemen BUMN. Kementerian BUMN, adalah salah satu pilar kuat yang berada di belakang kesuksesan MotoGP Mandalika 2022.

Di bawah orkestrasi Menteri Erick Thohir, Indonesia berhasil sukses dipercaya untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Seluruh elemen BUMN bersinergi untuk menjaga nama baik negara Indonesia di mata dunia. Dari mulai penyelenggaraan, penyambutan hingga sponsorship banyak keterlibatan BUMN.

Konsolidasi dan sinergisitas ini tentu bukan satuhal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Di tangan Menteri Erick Thohir semua menjadi mungkin dan terlaksana. Secara tidak langsung Menteri Erick Thohir juga mengangkat derajat martabat rakyat Mandalika menuju podium dunia.

Nama Erick Thohir turut serta menjadi bidikan lensa kamera. Banyak wartawan asing bertanya-tanya, bagaimana proses menuju MotoGP Mandalika. Setelah mendengar figur Erick Thohir yang sudah lama malang melintang di dunia olahraga, secara otomatis semua pertanyaan itu terjawab dengan sendirinya.

Rasanya, Menteri Erick Thohir bukan saja membahagiakan publik otomotif yang relatif kelas ekonomi menengah atas. Pembuktian MotoGP Mandalika 2022, juga satu tahapan mendorong geografis Indonesia Timur menjadi local point dunia. Tentu, sejalan dengan reputasi keindahan Mandalika kita juga turut berperan mempersiapkan kader bangsa terbaik untuk mengisi segala kebutuhan sumber daya manusia.

Dalam alegori pembangunan, Menteri Erick Thohir juga memiliki komitmen agar pertumbuhan ekonomi akibat penyelenggaraan MotoGP juga secara linear dan langsung berdampak pada rakyat.

Sebagai sebuah organisasi rakyat, Pusat Kedaulatan Rakyat (PAKAR) berkepentingan bukan saja untuk memastikan seluruh perhelatan akbar berjalan dengan baik. Melainkan, turut memastikan kue ekonomi positif juga dapat dinikmati untuk kesejahteraan rakyat.

Salam Rakyat Berdaulat!!