Kolom  

Silaturahmi Sinergi & Kolaborasi Para Pelaku Praktisi Komunitas Bengkel Las Indonesia – Seniman Api Ramaikan Tangerang Raya

Coretan Warung Ngopi Jurnalis - Ade Gunawan

Beritaraya.id, Tangerang Selatan – Kota Tangerang Selatan diramaikan para pelaku & praktisi bengkel las dari komunitas bengkel las Indonesia (KBLI) yang biasa disebut para seniman api dari beberapa daerah berkumpul pada acara silaturahmi sinergi dan kolaborasi yang diadakan di saung sarang semut production di wilayah Jombang, Ciputat, Minggu 31 Juli 2022.

Muhamad Sandi sebagai Panitia Acara sekaligus Owner dari Bengkel Las d’Las Teknik (Sarang Semut Production) menyampaikan kepada awak media bahwa Acara ini selain sebagai ajang silaturahmi, kami juga menjadikan acara ini sebagai ajang sinergi kolaborasi antar pelaku atau praktisi las dengan principle beberapa perusahaan / vendor peralatan maupun perlengkapan para praktisi bengkel las seperti Kencana, Wilson, Weldmax, Hugong, Tayor, Cumet, Blackfood, Taiyo dan lainnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Bengkel Las Indonesia (KBLI) – Seniman Api. Muhamad Sandi S.E menambahkan dalam giat acara hari ini KBLI – Seniman Api melakukan sosialisasi sertifikasi profesi bagi para pelaku / praktisi bengkel las, kami juga sekaligus membuat pelatihan – pelatihan bagi para praktisi pemula.

Heru Kusumo Widagdo, Ketua Umum Komunitas Bengkel Indonesia (KBLI) dan Nirwana Lesmana, Sekjen KBLI hadir dan membuka acara silaturahmi yang diselenggarakan. Acara dibuka dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh ketua umum dan sekjen Komunitas Bengkel Indonesia (KBLI) dan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Yel – yel dan gaung sinergi kolaborasi KBLI Seniman Api Maju Bersama menggema dalam acara yang disuarakan oleh puluhan peserta acara yang hadir.

Nirwana Lesmana, Sekjen KBLI selaku MC acara menyampaikan visi misi KBLI untuk mengingatkan kembali kepada para anggota dan para anggota KBLI baru yang hadir dalam acara. Dalam Acara silaturahmi KBLI – Seniman Api ini tampak jelas sinergi kolaborasi dan kekeluargaannya saat MC membuka dialog kepada semua peserta acara dan mempersilakan memperkenalkan diri dan usahanya, senda gurau pun

Acara awal silaturahmi berlangsung mulai dari jam 09.00 wib sampai Jam 12.00 wib kemudian istirahat ishoma dan makan siang bersama dan lanjut acara kedua yaitu pelatihan standar profesi praktisi las yang selesai pada jam 17.00 wib.

Saat Jedah waktu Istirahat dan makan siang bersama, awak media berbincang santai dan bersama Ketua Umum KBLI, Heru Kusumo Widagdo, Sekjen KBLI dan Para Peserta Acara.

Heru Kusumo Widagdo MT menyampaikan dengan sangat ramah dalam bincang – bincang ini, bahwa KBLI merupakan perkumpulan orang – orang bergerak dalam dunia bengkel las dan bukan hanya sebatas itu bahkan welder dari perusahaan – perusahaan kontruksi, asosiasi – asosiasi seperti HAPI (Himpunan Aplikator Indonesia), ISSC (Indonesian Society of Steel Construction) serta lainnya, Jadi KBLI juga merangkul seluruh elemen masyarakat yang bergerak di dunia perbengkelan las dan semua industri metal atau baja di Indonesia. Komunitas Bengkel Las Indonesia (KBLI) berdiri sejak 11 Tahun yang lalu tepatnya pada bulan Agustus 2011.

Sekjen KBLI, Nirwana Lesmana menambahkan hadirnya KBLI dan Seniman Api mampu mendorong dan membuka lapangan kerja kepada UMKM khususnya saat ini pada era pemulihan ekonomi nasional karena dampak pandemi. KBLI saat ini baru berdiri di beberapa saja seperti di Banten, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan merambah ke wilayah lainnya seperti sumatra dan kalimantan, keinginan dan cita – cita kami KBLI bisa tumbuh dan berkembang maju di seluruh wilayah di Indonesia. UMKM bengkel – bengkel las alhamdulilah terus hidup di era pandemi corona dibanding perusahaan – perusahaan yang sebagian tumbang terdampak pandemi. Harapan kami kepada Anggota KBLI – Seniman Api menjadi tenaga – tenaga yang profesional sesuai standarisasi yang berlaku, diakui dan disahkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) & harapan besar kami KBLI ikut andil dan dapat terus hadir dalam pembangunan nasional bangsa Indonesia dan kancah dunia. Alhamdulillah para peserta yang hadir selain dari wilayah jabodetabek juga hadir peserta dari Jawa Timur dan Jawa Tengah dan kita bisa melihatnya semua para peserta yang hadir saat antusias mengikuti acara, tutup Sekjen KBLI, Nirwana Lesmana.

Selesai Istirahat ishoma dan makan siang acara dilanjutkan dengan pelatihan las dan pemasangan baja ringan sesuai sop standarisasi sertifikasi profesional.

Di sela-sela penutup, Nirwana mengharapkan Tangerang Raya, bisa secepatnya terbentuk menjadi Struktural/organ tersendiri, supaya lebih memperluas jaringan kerja atau networking ke wilayahan Tangerang Raya.