Kolom  

Amazing Wisata Edukasi Budidaya Taman Anggur Ponjay, Pondok Aren – Kota Tangerang Selatan

Coretan Warung Ngopi Jurnalis - Ade Gunawan

Beritaraya.id, Tangerang Selatan – Masyarakat Kota Tangerang Selatan pastinya akan tambah bahagia lagi bila mengetahui di wilayah kotanya terus bertambah tempat dan fasilitas pariwisatanya, ya kali ini wisata Taman Anggur ada hadir di daerah Pondok Jaya, Pondok Aren dimana Komunitas Anggur Tangsel menyebutnya dengan Taman Anggur Ponjay, kenapa Ponjay karena merupakan singkatan dari Pondok Jaya.

Taman Anggur Ponjay merupakan Taman anggur seluas +/- 500 m² yang berada di salah satu rumah di Jalan Masjid Nurul Fazri, Gang Jiman No. 47 Kelurahan Pondok Jaya Kecamatan Pondok Aren. Taman pembudidayaan tanaman anggur yang dimiliki oleh salah satu dari anggota komunitas anggur Tangsel (KAT) yaitu Aat Jamiat seorang Pengusaha Money Changer dari PT. Saranatama Usaha Mandiri yang hobby pertanian khususnya pada tanaman anggur.

Pada hari Minggu sore tanggal 31 Juli 2022, Taman Anggur Ponjay mendapat kunjungan 6 orang yaitu Rafi dari perwakilan dari ISWI ( Ikatan Sarjana Wanita Indonesia ), Arianto dan 2 Rekannya dari Kini Kopi & Komunitas Kelompok Tani dari Perumahan Kompleks Batan Indah, Lukas Christian dari Pergerakan Kopi Persahabatan dan Ade Gunawan dari Komunitas Bengkel Las Indonesia – Seniman Api Tangerang Raya dan Warung Ngopi Jurnalis yang bertujuan berwisata sekaligus ingin menambah dan mengembangkan silaturahmi sekaligus menambah wawasan tentang budidaya tanaman anggur bersama Aat Jamiat di Taman Anggur Ponjay, ulas Aat Jamiat kepada awak media.

Para Pengunjung kami mendapatkan wawasan edukasi pemula tentang pengenalan jenis anggur, media tanam dan tata cara perawatannya sampai dengan mendapat kesempatan memetik buah anggur langsung dari pohonnya, kata arianto kini kopi. Rafi dan Lukas Cristian juga merasakan hal yang sama.

Saya bersama rekan – rekan para pengunjung Taman Anggur Ponjay mendapatkan kesempatan memetik 3 jenis buah anggur yang sudah matang yaitu transfiguration, Ninel dan jupiter, semua unik dari rasa, bentuk dan warnanya, kata Lukas Cristian. Rafi menambahkan rasa anggur jenis jupiter keren anggur tapi sensasi rasanya seperti mangga, buah anggur kecil tapi rasanya mantap. Hebat Taman anggur Ponjay buah anggurnya warna warni seperti pelangi ada 15 jenis anggur yang sedang proses pembuahan.

Awak media terus menggali informasi mendalam pendiri dan pemilik tanam anggur Ponjay – Aat Jamiat. Saya mulai senang menanam tanaman anggur awal tahun 2020 persis awal pandemi corona, ujar Aat Jamiat. Tidak mudah dan perlu pengorbanan waktu, tenaga bahkan finansial serta siapapun yang mau mengembangkan budidaya anggur harus sabar, disiplin dan kemauan belajar yang tinggi. Alhamdulillah saya mampu mengembangkannya sampai saat ini sudah ada 50 jenis anggur yang telah ditanam dan dibudidayakan di Taman Anggur Ponjay. Senang jadi hobby, hobby sekarang jadi menghasilkan seperti saat ini Taman anggur Ponjay mendapatkan kunjungan wisata dari wilayah luar Pondok Jaya.

Arianto, Lukas Cristian dan Rafi sebagai pengunjung wisata anggur sepakat mengatakan bahwa Taman Anggur Ponjay Amazing dan Luar biasa menjadi pernyataan penutup kunjungan wisata edukasi di Taman Anggur Ponjay dan juga mengucapkan banyak Terima kasih kepada Aat Jamiat yang sudah mau berbagi pengetahuan, pengalaman dan berbagi rasa buah anggur yang Luar Biasa Amazingnya.

Dan Ade Gunawan dari komunitas bengkel las Indonesia (KBLI) – seniman api menyerahkan souvenir sebagai tanda terima kasih dan ikatan sinergi kolaborasi bersama dengan Aat Jamiat sebagai Pengelola Taman Anggur Ponjay & bagian dari Komunitas Anggur Tangsel saling mendoakan dan bisa saling bekerja sama khusus terkait kebutuhan fasilitas pembangunan para – para yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan Taman maupun Kebun Anggur dari para petani maupun penggemar tanaman anggur khususnya di komunitas anggur Tangsel.