Dukung Ketahanan Pangan, Lahan TNI AD Ditanami Jagung

Dukung Ketahanan Pangan, Lahan TNI AD Ditanami Jagung

Beritaraya.id, Grobogan – Untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Grobogan, prajurit TNI melakukan penanaman jagung di lahan TNI AD eks Asrama Yonif 410/Alugoro, Pucang Kelurahan Grobogan, Selasa (2/8/2022).

Komandan Komando Resor Militer 073/Makutarama Kolonel Infantri Purnomosidi, bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni melakukan penanaman jagung secara simbolis. Penanaman jagung juga dikuti oleh Dandim 0717 Grobogan Letkol Muda Setyawan.

“Di sini ada lahan kurang lebih lima hektare, rencananya akan ditanami jagung dan kedelai sesuai dengan kebijakan Bapak Kasat TNI Angkatan Darat, hadir di tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi,” ujar Kolonel Infantri Purnomosidi.

Selain ditanami jagung, lanjutnya, lahan itu juga digunakan untuk ternak sapi, empang atau kolam ikan.

“Rencananya betul-betul dimanfaatkan untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Grobogan ini. Selain di Kabupaten Grobogan juga di Kabupaten Kendal, Jepara dan terus menyesuaikan musim dan kondisi wilayah, tentunya tidak sama,” jelasnya.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, Kabupaten Grobogan sebagai lumbung pangan Jawa Tengah telah memberikan andil yang cukup besar dalam menyediakan pangan, dengan komoditas unggulan di antaranya padi, jagung, kedelai, bawang merah, pisang, tebu dan tembakau. Sektor agrowisata juga mulai tumbuh.

Berbagai prestasi bidang pertanian telah diraih Kabupaten Grobogan, antara lain, pada tahun 2020, produksi padi mencapai 808 ribu ton, menorehkan prestasi sebagai peringkat pertama Provinsi Jawa Tengah dan Peringkat tujuh Nasional. Sedangkan produksi jagung sebesar 772 ribu ton pada tahun tersebut.

Sri Sumarni menuturkan, jagung adalah tanaman potensial penuh manfaat, dari buah, daun, batang sampai tongkolnya dapat dimanfaatkan. Jagung dimanfaatkan bukan hanya sebagai pangan pokok, tetapi juga bahan baku industri, seperti pati, gula jagung, dan pangan olahan. Bahkan juga menjadi bahan energi (bio etanol).

“Momen acara hari ini, juga sebagai salah satu bukti kemanunggalan TNI dan rakyat. Bahwa TNI memang benar-benar dekat dengan rakyat dan saling bahu membahu, hadir di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Penulis: REDEditor: RED