Opening Ceremony SMA Presiden 2 (Boarding School) Tanjung Lesung

Pendidikan863 Dilihat
Inline, Tengah & Sidebar

Kabupaten Pandeglang – Acara opening Ceremony (OC) acara tahunan sekaligus pembuka tahun ajaran baru di SMA Presiden 2 Tanjung Lesung berjalan lancar di ikuti 44 Siswa/Siswi, Upacara pada acara tersebut Mayor Jenderal TNI (Purn) Sumardi.

Hadir juga Kepala KCD Kabupaten Pandeglang, Pengurus Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP), Ketua MKKS Negeri dan Swasta Kabupaten Pandeglang, pejabat daerah setempat, baik sipil dan militer, serta tamu undangan dan para orang tua siswa yang bertempat di wilayah Tanjung lesung Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.


Begini ucap Dr. Asep Sukendar M. Pd kepada awak media, Kegiatan ini kami lakukan setelah para  siswa dari beberapa daerah mengikuti program pendidikan karakter dan disiplin (PPKD) selama 2 bulan.

Masih ungkapnya, 44 Orang Siswa/Siswi yang mengikuti OC ini, Mereka berasal dari daerah-daerah luar Pandeglang diantaranya, Medan, Pekanbaru, Padang, Bandung, Jakarta, Semarang, Magelang, Solo, tentunya Banten dan sekitarnya, Ada juga dari Manado, bahkan dari Papua.

Tambahnya,” Acara OC ini merupakan puncak pembinaan dan pelatihan akademik, fisik mental, tentunya kepribadian para siswa. Sebelumnya, selama 2 bulan mereka dibina terlebih dulu kepribadiannya sesuai dengan visi dan misi¬† SMAP 2 Tanjung Lesung,

“Perlu diketahui juga selain pembinaan akademik, kesehatan jasmani dan kepribadian para siswa harus mampu memahami dan melaksanakan Dua sumber pedoman di sekolah, yaitu Prasetya siswa dan kode Kehormatan sebagai implementasi pendidikan karakter yang diikuti para siswa baru Kelas 10 ini.

Inti dari prasetya Siswa adalah para siswa merupakan pemuda Indonesia yang beriman, bertaqwa, bertanah air, berbangsa dan berbahasa indonesia, berpendidikan mandiri, berjiwa merdeka, disiplin, harus cerdas, krratif dan mandiri. sedangkan kode kehormata Siswa merupakan perintah dan larangan dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari Siswa, baik di asrama maupun d sekolah. Nilai-nila yang terkandung dalam kode Kehormatan Siswa antara lain: Menjunjung tinggi Prasetya Siswa, Hormat kepada Orang Tua, Hormat kepada Guru, pantang Mencontek, pantang Menipu, pantang Mencuri, pantang Minum-minuman Keras, pantang berbuat Asusila, pantang berkelahi, pantaang Narkoba dan merokok.

Inilah dia pedoman yang menjadi dasar pembinaan karakter Siswa SMAP 2 TL, dan harus di laksanakan selama mereka berstatus menjadi Siswa. Melalui program Pendidikan Karakter dan Displin (PPKD) yang di laksanakam selam 2 bulan itulah semua nilai- nilai yang terkandung dalam Prasetya Siswa dan kode Kehormatan mulai di tanamkan pada diri para Siswa. Selama PPKD dilaksanakan, proses belajar Menggajar sebagai mana biasa. Bahkan kegiatan-kegiatan tambahan seperti program ekstrakurikuler dan pelajaran berbasis proyek dapat dilakukan oleh para Siswa, misalnya: Olahraga beladiri Kempo, Seni Tari Nasional dan Tradisional, Olahraga renang, termasuk program termasuk kegiatan life skill seperti membuat dan menyajikan makanan Tardisional selama PPKD. Sebagai acara Tradisi, sehari sebelum OC dilaksanakan, para siswa harus mengikuti kegiatan Outbond yang terdiri dari kegiatan Long March, Mountenering dan pengenalan Survival, yang di akhiri dengan Upacara penutupa PPKD.

Dengan hadirnya SMA Presiden 2 Tanjung Lesung melalui kegiatan Opening Ceremony dan berbagai program lainnya yang dilaksanakan oleh sekolah ini, diharapkan dapat membawa angin segar bagi dunia Pendidikan di Kabupaten Pandeglang Khususnya dan di Indonesia pada Umumnya. (ROH | RED)

Komentar