Bertekad Lakukan Transformasi TBM ke Arah Digital, Dikbud Tangsel Bakal Beri Bantuan Laptop

Iklan Beritarya.id

Tangerang Selatan – Menggelar festival taman baca masyarakat (TBM), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan bertekad untuk melakukan transformasi TBM ke arah literasi digital, dengan memberikan bantuan berupa laptop.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menyampaikan tekad tersebut harus diupayakan karena literasi merupakan hal yang penting, termasuk bagi berkembangnya suatu wilayah. Hal itu ia ungkapkan dalam acara Festival Taman Bacaan Masyarakat yang berlangsung di Mal Teras Kota, Serpong, Tangsel, Rabu (30/11/2022).

“Saya harap ke depan bukan hanya titiknya yang banyak, tapi keikutsertaan masyarakat dapat meningkat. Karena sangat penting masyarakat mencintai literasi, mulai anak berusia dini, dewasa, hingga tua. Sampai akhir hayat orang masih membaca,” ujar Pilar.

Menurutnya, bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki literasi digital yang kuat.

“Hal itulah yang membuat bangsa eropa menjadi bangsa yang besar. Artinya bahwa pentingnya sebuah literasi. Saya harap bahwa masyarakat Tangsel mencintai membaca, yang penting isinya positif. Mau itu ilmu agama, dibaca kita belajar, ilmu ekonomi, hukum, politik dan lain sebagainya,” kata Pilar.

Semantara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Deden Deni menuturkan, festival TBM ini memiliki visi untuk menggeliatkan budaya gemar membaca kepada masyarakat.

“TBM memfasilitasi tempat baca atau literasi bagi masyarakat yang tidak mempunyai kemampuan untuk membeli buku, untuk membaca, karena membaca kan sumber ilmu. Dan ilmu akan menjadi tindakan, tindakan menjadi kebiasaan, menjadi perilaku,” ungkap Deden.

Deden berharap agar dengan festival ini, masyarakat dapat memiliki budaya membaca.

“Ya mudah-mudahan dengan ini, masyarakat yang mempunyai budaya membaca, jadi giat. Ini juga untuk menekan angka putus sekolah,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel juga bertekad untuk melakukan transformasi TBM ke arah literasi digital. Tentu juga dengan melengkapinya dengan sejumlah fasilitas-fasilitas yang mendukung.

“Kita berikan bantuan berupa laptop ke TBM, nanti kita komunikasi ke Kominfo untuk wifi. Jadi masyarakat dapat mengakses informasi yang dia butuhkan setiap saat kapan saja, tapi yang jelas juga dibatasi. Untuk mengakses informasi yang positif,” tutupnya. (Biro Tangerang Raya | RED)

Iklan Beritarya.id

Komentar