1.128 Anggota PPS Pemilu 2024 Kabupaten Kuningan Resmi Dilantik

KUNINGAN – Bupati Kuningan H. Acep Purnama bersama H.M Ridho Suganda dan Forkopimda Kabupaten Kuningan, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kuningan yang akan bertugas sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, bertempat di Diva Convention Hall, jalan lingkar Soekarno-Hatta, Selasa (24/01/2023). Sebanyak 1.128 orang PPS (Panitia Pemungutan Suara) untuk Pemilu 2024 yang merupakan perwakilan dari tiap desa/kelurahan se-Kabupaten Kuningan resmi dilantik dan diambil sumpah nya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama mengatakan, Pemilu yang sehat dan berkualitas harus dimulai dari kesadaran pentingnya Pemilu. Maka, pemimpin, kebijakan, dan hasil-hasil kerjanya pun akan berkualitas.

Bupati mengingatkan bahwa posisi PPS sangat strategis dan memiliki arti sangat penting dalam  mensukseskan Pemilu 2024.

“Sesuai dengan temanya yaitu “Siap Menjadi Garda Terdepan Suksesnya Pemilu 2024″. Agar bisa sukses, tentunya anggota PPS harus memiliki integritas, lalu mempunyai kompetensi serta memiliki keinginan yang kuat untuk mensukseskan Pemilu 2024,” ucap Bupati.

Bupati juga menegaskan, tugas PPS akan berdampak kepada terwujudnya kesejahteraan masyarakat ketika Pemilunya berjalan dengan baik. 

“Kesadaran ini harus terbangun dalam diri semua pihak yang terlibat sehingga tidak ada upaya dari pihak manapun untuk melanggar aturan dan etika berdemokrasi,” katanya.

Ia juga menekankan agar seluruh Anggota PPS dapat membaca dan menguasai aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sangat wajib menjalankan tanggungjawab yang diamanahkan oleh Negara.

“Diharapkan, para Anggota PPS yang sudah dipilih secara baik, dapat menjunjung tinggi integritas serta harus tunduk dan patuh pada penegakan kode etik yang menjadi pedoman bagi penyelenggara Pemilu,” tandasnya.

Kepada Anggota PPS, Bupati Acep mengucapkan selamat untuk saudara-saudara yang baru dilantik dan bertugaslah dengan baik.

“Jalankan tugas dengan profesional, netral, adil, agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai sesuai dengan yang diharapkan,” harap nya.

“Diharapkan, para Anggota PPS yang sudah dipilih secara baik, dapat menjunjung tinggi integritas serta harus tunduk dan patuh pada penegakan kode etik yang menjadi pedoman bagi penyelenggara Pemilu,” tandasnya.

Dikemukakan Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi, bahwa sebanyak 1.128 anggota PPS akan bertugas di 376 desa/kelurahan yang terdapat di Kabupaten Kuningan.

“Masing-masing desa/kelurahan akan ada tiga anggota PPS yang bertugas pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” jelasnya.

Komisioner KPU Kuningan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Dudung Abdu Salam, menambahkan keterangan, tugаѕ PPS аdаlаh mеmbаntu KPU Kаbuраtеn/Kоtа dаlаm mеlаkѕаnаkаn Pеmіlu.

“Antara lain tugasnya meliputi реmutаkhіrаn dаtа, mаkа реrаn аnggоtа PPS ѕаngаt реntіng,” tukasnya.

“Tеrutаmа реndаftаrаn реtugаѕ реmutаkhіrаn dаtа реmіlіh (Pаntаrlіh) Pеmіlu 2024 dіlаkukаn оlеh PPS уаng аkаn dіlаkukаn раdа tаnggаl 26 Jаnuаrі nanti,” sambungnya.

Anggota PPS pasca pelantikan ini sudah harus mulai bekerja, kаrеnа tаhараn Pemilu 2024 sudah berjalan dаn dаlаm wаktu dеkаt іnі mаѕuk tаhараn реmutаkhіrаn dаtа реmіlіhаn.

Setiap anggota PPS yang dilantik, wajib bеkеrjа ѕеѕuаі аturаn dаn rеgulаѕі уаng dіtеtарkаn dаlаm UU Pеmіlu.

Hadir dalam acara pelantikan Komisioner KPU Jabar, Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua dan Komisioner Bawaslu, Sekretaris Dewan, Ketua Parpol dan Komisioner KPU Kuningan serta undangan lainnya. serta undangan lainnya. (RED)

Beritaraya.ID Ingin Mendapatkan Informasi Terbaru ?
Dismiss
Allow Notifications