Tutup Iklan
Pendidikan

Quo Vadis PPDB Tangsel: Mencari Arah yang Lebih Baik

45
×

Quo Vadis PPDB Tangsel: Mencari Arah yang Lebih Baik

Sebarkan artikel ini

Setiap tahun ajaran baru, Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi momok bagi orang tua dan siswa di Tangerang Selatan.

Mekanisme dan regulasi yang ada kerap menimbulkan kegelisahan, mempertanyakan apakah tujuan PPDB menuju arah yang lebih baik atau tetap stagnan.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Temuan praktik transaksional dan manipulasi nilai semakin memperkeruh suasana, memunculkan protes dan demo dari orang tua yang merasa tidak puas dengan hasil PPDB.

Selama tiga tahun terakhir, regulasi PPDB tetap mengacu pada Permendikbud No.1 tahun 2021 dengan tiga jalur utama: Zonasi, Afirmasi, dan Prestasi.

Tahun ini, ada tambahan regulasi dari SK Persekjen Kemendikbud No. 47 tahun 2023 yang diharapkan dapat memperbaiki pelaksanaan PPDB.

Namun, tantangan besar masih ada, seperti jumlah siswa yang berlebihan di kelas, terutama di sekolah negeri, yang membuat proses belajar tidak efisien dan efektif.

Dampak dari “kelas gemuk” ini juga dirasakan oleh sekolah swasta yang kekurangan siswa, bahkan beberapa harus menutup operasi karena kesulitan finansial.