Tutup Iklan
Editorial

Semangat Sumpah Pemuda, Peran Pemuda Indonesia yang Vital Dalam Sukses Pemilu 2024

40
×

Semangat Sumpah Pemuda, Peran Pemuda Indonesia yang Vital Dalam Sukses Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Oleh : Hendriko Dwi Andra (Pimred)

Hari Sumpah Pemuda ke-95 kembali mengingatkan kita akan pentingnya peran pemuda dalam membangun dan memajukan bangsa.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Tidak hanya sebagai penerus, pemuda juga memiliki peran krusial dalam menentukan arah politik negara.

Pemilu 2024 nanti, sebagai tonggak demokrasi sudah merupakan momen penting bagi pemuda Indonesia untuk turut serta aktif.

Pemuda yang merupakan kelompok yang diidentikan sebagai swing voter mendominasi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 nanti.

Kecendrungan Pemuda yang rasional dan apatis terhadap sentimen identitas, politik kebohongan atau hoaks maupun politik transaksional.

Oleh karena itu, dengan semangat juang dan energi yang tak kenal lelah, pemuda dari berbagai penjuru tanah air telah bergerak untuk memberikan kontribusi maksimal dalam proses politik di Indonesia.

Seperti dengan mengadakan forum diskusi, seminar, dan workshop untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, terutama kalangan muda yang baru memasuki usia pemilih.

Kita dapat melihat karakteristik pemilih cerdas seperti jangan golput, No Hoaks, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan tidak pro pada politik uang serta selalu pro aktif terhadap infomasi kepemiluan.

Bagaimana menjadi pemilih cerdas? Salah satunya yakni dengan cari tahu dan amati rekam jejak peserta pemilu atau calegnya. Selalu cek dan recheck ke sumber yang terpercaya sebagai sumber utama pemilu.

Serta Pemuda harus selalu melakukan aksi-aksi di sosial media dalam mengukuhkan peran pemuda menyebarkan informasi dan memotivasi warga untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan menjadi pemilih cerdas.

Selain itu, Pemuda juga aktif terlibat dalam kegiatan pengawasan dan pemantauan jalannya pemilu, memastikan transparansi dan integritas dalam proses demokrasi.

Tak hanya itu, pemuda juga menjadi jembatan antara berbagai generasi, membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu politik yang dihadapi oleh masyarakat.

Keterlibatan aktif pemuda dalam pemilu 2024 menjadi pilar kuat bagi kemajuan dan perubahan positif di negeri ini.

Dengan semangat persatuan, semoga peran penting pemuda dalam pemilu 2024 menjadi landasan kuat bagi Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan adil untuk semua warga negara.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-95 bagi seluruh Pemuda Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.