Tutup Iklan
Ekonomi Dan Bisnis

FORKAMI : Kami Terpanggil Untuk Mengawal Dan Mendorong Suksesnya Niat Luhur Presiden Joko Widodo

×

FORKAMI : Kami Terpanggil Untuk Mengawal Dan Mendorong Suksesnya Niat Luhur Presiden Joko Widodo

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, BERITARAYA.ID – Menyambut realisasi pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port yang rencananya berada di lahan seluas 700 hektare di Provinsi Maluku seperti yang di inginkan Presiden Joko Widodo, Ketua Forum Komunikasi Maritim (FORKAMI) James Talakua merasa terpanggil untuk mengawal dan mendorong niat luhur Presiden Joko Widodo tersebut.

“Kami Terpanggil untuk mengawal dan mendorong Lumbung Ikan Nasional dan Ambon New Port yang menjadi niat luhur Presiden Joko Widodo,” terang James dihadapan wartawan Rabu (12/1/2022).

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Ia juga menjelaskan bahwa LIN dan pembangunan Ambon New Port telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo, dan mengharapkan hal tersebut dapat menjadi sentra pengembangan sektor perikanan utama di Indonesia Timur.

“LIN dan Ambon New Port sudah direstui oleh Presiden Jokowi, jadi seharusnya menjadi sentra pengembangan sektor perikanan utama wilayah Indonesia Timur.”

Terkait Lumbung Ikan Nasional, James juga mengingatkan agar ada pengawasan terhadap pengelolaan ikan hasil tangkapan di sekitar LIN. Sehingga memberikan dampak baik bagi penduduk lokal.

“Harus ada kewajiban yang menangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan sekitar LIN, untuk mendaratkan ikan hasil tangkapan di Ambon New Port, agar investasi meningkat, terintegrasi sektor perikanan tangkap dan industri pengolahan ikannya. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja untuk penduduk lokal.” terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa perlu pengaturan zonasi penangkapan jangan sampai nelayan kecil terpinggirkan.

“Asing jangan sampai masuk ke laut teritorial Indonesia.Kalau mau mengundang asing di sektor perikanan tangkap, sebaiknya hanya boleh menangkap di laut lepas dengan memanfaatkan kuota Indonesia untuk memperkuat pasokan bahan baku di industri pengolahan yg berlokasi di LIN.” pungkas ketua FORKAMI James Talakua.