Tutup Iklan
Berita

Lantik Pengurus Baru, Akumindo Kota Tangerang Siap Menggerakan Roda Ekonomi Daerah

133
×

Lantik Pengurus Baru, Akumindo Kota Tangerang Siap Menggerakan Roda Ekonomi Daerah

Sebarkan artikel ini
Lantik Pengurus Baru, Akumindo Kota Tangerang Siap Menggerakan Roda Ekonomi Daerah

Berita.press, Tangerang – Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun, resmi melantik jajaran pengurus Akumindo di Kota Tangerang. Pelantikan sendiri dilakukan di Hotel Horison Grand Serpong, Selasa, (25/5/2021).

Ikhsan mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah unit terbanyak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Pada saat pandemi COVID-19 seperti ini interaksi fisik secara langsung terbatas dan dibatasi, demi kesehatan dan keselamatan kita bersama. Berkurangnya interaksi fisik menyebabkan omzet menjadi turun di beberapa kelompok usaha tapi juga menjadi peluang di kelompok yang lain.

“Dinamika tersebut memerlukan terobosan besar dengan berani berfikir dan berinovasi, yaitu perlu diadaptasi kebiasaan baru agar dapat bertahan dan keluar dari masa-masa sulit seperti ini,” kata Ikhsan, dalam keterangan yang diterima Mcmnews.id, Selasa, (25/5/2021).

“Maka dari itu interaksi virtual dan digital adalah solusi yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan melakukan digitalisasi pemasaran sehingga dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas,” lanjutnya.

Kendati demikian, Ikhsan mengungkapkan, sebagian besar UMKM saat ini tengah menghadapi banyak permasalahan. Untuk masalah internal, jelas Ikhsan, UMKM terbentur dengan persoalan karakter dan kapasitas kewirausahaan.

“Masalah karakter terkait tujuan usaha yang masih cenderung survival dari pada entrepreneurial. UMKM kita memang telah terbukti tahan krisis (resilient), namun juga
cenderung stagnan skala usahanya,” jelasnya.

“Sementara masalah kapasitas mencakup kapasitas dalam mengelola keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produksi dan penjualan,” lanjutnya.

Sementara masalah eksternal, lanjut Ikhsan, khususnya yang bersifat ketersediaan akses yang mencakup akses informasi, modal, layanan perizinan yang baik, pameran, fasilitas pelatihan, pendampingan, sampai kondisi infrastruktur dan tata niaga yang tidak menguntungkan.

“Kondisi ini membuat daya saing UMKM nasional belakangan ini belum mengalami peningkatan yang menggembirakan. Padahal tanpa daya saing yang kuat, bagaimana kita UMKM akan dapat menjadi pemasar di negeri sendiri di tengah era Masyarakat Ekonomi ASEAN nanti?,” tegasnya.

Ikhsan menuturkan, Akumindo hadir tidak hanya sekedar mensukseskan program-program Pemerintah, tetapi Akumindo bersama Pemerintah Kota Tangerang dan Private sector lainnya membangun sinergisitas penggerak roda ekonomi daerah.

“Melalui Pelantikan Pengurus DPC Akumindo Kota Tangerang sampai ke tingkat Kelurahan ini diharapkan menjadi langkah awal dari banyak program yang akan dijalankan oleh Akumindo di Kota Tangerang,” pungkasnya. (Red/MCMNEWS.ID)