Tutup Iklan
Kolom & Opini

Relaksasi Kemerdekaan RI ke-78

34
×

Relaksasi Kemerdekaan RI ke-78

Sebarkan artikel ini

Oleh : Badri Tamami
DPC Poros Sahabat Nusantara Bekasi

Hari Kemerdakaan diperingati setiap tahunnya pada tanggal tanggal 17 Agustus, dengan tujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi nusantara Indonesia.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

Perlu diketahui, Hari Kemederdekaan diperingati berdasarkan momen bersejarah Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Hari kemerdekaan memiliki latar belakang sejarah yang amat mendalam bagi perjuangan bangsa dan rakyat Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Adapun tema peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini. Tema peringatan Hari kemerdekaan tahun 2023 ini adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dengan adanya momentum hari kemerdekaan, patutnya kita semua bersyukur atas semua jasa para pahlawan dan pendahulu bangsa, sebab atas segala jasanyalah kita dapat merasakan kemerdekaan pada saat ini. Momentum nasional ini diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam makna kemerdekaan yang ke-78 tahun dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab pemeran utama yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia tidak
hanya Soekarno dan Hatta saja. Masih banyak tokoh lain dan masyarakat yang turut berjuang dan rela berkorban untuk bangsa.

Mari kita terus merawat dan menjaga nilai-nilai luhur kemerdekaan bangsa
dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat meminimalisir berbagai
implikasi yang ada. Untuk itulah, salah satu langkah nyata adalah membumikan dan mengaktualisasikan kembali nilai-nilai kemerdekaan Indonesia. Sebagai bangsa yang berkeadaban, mestinya segala tindakan harus didasarkan pada etika dan moral demi menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Sudah pantaskah kita menjadi generasi muda untuk menjadi penerus bangsa?Maukah kita menjadi generasi muda untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan bangsa? Dan siapkah kita sebagai para penerus bangsa untuk menggoreskan tinta emas dalam sejarah bangsa?

Maka dari hal ini, peran generasi muda sangatlah berarti untuk melanjutkan
perjuangan meski jalur sudah berbeda, asal tujuan masih sama demi kedamaian nusa dan bangsa. Jangan mudah menyerah, jadikan hari kemerdekaan ini sebagai kerangka acuan untuk terus menggelorakan semangat muda, walau dunia banyak alami perubahan, hal terpenting semangat harus terus berjalan.