Tutup Iklan
Ekonomi Dan Bisnis

Sri Mulyani : Seluruh Negara Sedang Berjuang Sehatkan APBN Pasca Pandemi Covid-19

84
×

Sri Mulyani : Seluruh Negara Sedang Berjuang Sehatkan APBN Pasca Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini

Berita, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia, menyebut seluruh negara saat ini sedang berjuang untuk menyehatkan APBN setelah dilanda pandemi Covid-19.

“Semua negara di dunia menghadapi pandemi dan mereka juga telah melakukan kebijakan extraordinary menggunakan APBN-nya,” ucap Sri Mulyani dalam acara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) IT Summit 2021 secara daring di Jakarta, Rabu, (18/8/2021).

Sri Mulyani pun berkomitmen akan terus berkoordinasi antar-otoritas pajak seluruh dunia dalam membuat kebijakan yang tepat. APBN Indonesia, lanjut Sri Mulyani, harus kembali sehat dalam jangka menengah panjang usai dua tahun terakhir telah bekerja luar biasa keras menghadapi COVID-19 dan memulihkan ekonomi.

Berita Ini Di Sponsorin Oleh :
Scroll Ke Bawah Untuk Lihat Konten

“Kita semua tahu bahwa shock ekonomi yang berasal dari pandemi menjadi salah satu trigger yang penting. Namun hal lain yang perlu dan harus menjadi elemen untuk mendesain reformasi perpajakan adalah munculnya teknologi digital,” tuturnya.

Menurut Sri Mulyani, terdapat dua hal penting dalam reformasi perpajakan yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu reformasi dibidang kebijakan perpajakan dan reformasi di bidang administrasi perpajakan.

Selain meningkatkan pendapatan negara, pemerintah juga akan melakukan berbagai reformasi di bidang keuangan negara, seperti salah satunya mengevaluasi belanja atau dengan melakukan spending better, serta melakukan pembiayaan negara yang makin inovatif agar APBN bisa sehat kembali. (RED | RED)